Kuliah Online Gratis Hadir di Indonesia [Buruan Daftar] ...

Senin, 03 Oktober 2011
PBB (United Nations) lewat UNESCO telah membuka universitas gratis pertama di dunia yang bersifat online university. Jurusannya saat ini baru dua, yaitu Business Administration dan Computer Science. Level yang tawarkan adalah selevel D3 dan S1. Untuk angkatan pertama ini, biayanya 100% gratis. Untuk angkatan berikutnya, akan dikenakan biaya pendaftaran dan biaya ujian.. SPP tidak ada. Besarnya biaya-biaya, menurut Kompas, sekitar $10 hingga $100, tergantung dari negara mana peserta berasal.

Menurut situs uopeople.org, cara belajarnya, selain mempelajari sendiri bahan kuliah yang didownload gratis dari uopeople.org, juga ada forum diskusi antar siswa dan dosen. Tugas-tugas kuliah langsung di-upload ke account online dari siswa. Asik banget sih, kedengarannya.
Pendaftarannya mudah, mengikuti langkah-langkah yang dipaparkan di uopeople.org . Bagian selanjutnya adalah mengirimkan lewat pos, copy ijazah sekolah menengah yang sudah dilegalisir serta beberapa formulir yang sudah ditandatangani. TOEFL katanya sih diperlukan, namun tidak wajib. Pendaftar harus menyerahkan essay 400-500 kata dalam bahasa Inggris.

Karena baru buka, universitas ini belum mendapatkan kreditasi, sehingga tidak dapat menerima murid transferan dari universitas lain. Menurut situsnya, akreditasi sedang diproses ke pemerintah Amerika Serikat, karena administrasi universitas ini berada di Pasadena, kota parade mawar tahunan, di California. Di Indonesia sendiri, online university dari luar negeri juga tidak diakui, so, sayang juga nih.

0 komentar:

Posting Komentar