Status Media Sosial Facebook dan Twitter Dipakai untuk Lacak Penyakit?

Minggu, 12 Juni 2011
Sebuah sistem untuk mendeteksi penyebaran penyakit lewat situs web media sosial, seperti Facebook dan Twitter, sedang dikembangkan oleh sebuah perusahaan asal Baltimore, Amerika Serikat. Tujuannya, untuk membuat peringatan adanya penjangkitan dan membantu mencegah penyebaran.

Sistem bernama Sickweather tersebut akan melacak status -status orang dari kata-kata yang berhubungan dengan penyakit. Berdasarkan lokasi orang tersebut, dibuatlah peta penyakit.

Perusahaan pengembang Sickweather berharap dapat membuat media sosial sendiri. Untuk saat ini, para pengembang baru membuat perangkat untuk situs web media sosial yang saat ini sudah besar.

"Sistem ini berguna bagi keluarga muda yang memiliki anak-anak yang rentan penyakit," kata CEO Sickweather kepada Technology Review.

Ide seperti Sickweather sudah pernah ada, bahkan dalam skala yang lebih luas. Sistem HealthMap melacak mesin pencari dan berita di Internet untuk membuat peta penyebaran penyakit di seluruh dunia. Sickweather memiliki pendekatan serupa. Hanya saja, mereka menggunakan situs web media sosial, bukan situs web berita. Jadi, orang yang menuliskan status tentang penyakit mereka tidak mengganggu lagi, bukan? (Sumber: Discovery News)

0 komentar:

Posting Komentar